Mungkin sebagian RF bingung tentang keberadaan BB 301 seri 45-50 yang misterius?ataupun seri 51-55 yang berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain?

Untuk menjawab ini saya mau menjelaskan awal muasalnya terlebih dahulu

pada medio tahun 1970an PNKA memesan lagi lokomotif seri M1500BB sebanyak 5 biji.dan tak bebeberapa pesanan PNKA akhirnya telah jadi dan dikirimkan melalui kapal.

setelah lokomotif pesanan PNKA yang bernomor 45-50 sampai dan sudah diturunkan dari kapal.tak selang beberapa lama pabrik KRUPP menginformasikan bahwa telah terjadi kesalahan spesifikasi lokomotif pesanan PNKA dengan maskapai perkeretaapiaan India(kalau tidak salah)

aslinya PNKA tidak terlalu peduli dengan ksalahan ini namun KRUPP “ngotot” untuk menukarnya alhasil terjadilah pertukaran ini.yang agak unik setelah lokomotif dari india datang masih berlivery khas maskapai perkeretaan india+cara pengoperasiaan lokomotif dengan bahasa hindi,tak butuh waktu ke 5 lokomotif tersebut langsung digelandang ke balai yasa pengok untuk dilakukan pengecatan+penomoran dengan seri 51-55

Iklan